0
Wisata Alam | Curug Semawur Kab Batang Jawa Tengah Satu laginih Kekayaan alam di Kab Batang Curug Semawur di Bawang Kab Batang Jawa Tengah ini ada artikel tentang Curug Semawur yang saya ambil dari Suara Merdeka Online
Curug Semawur Bawang Jawa Tengah Indonesia
SUKOREJO, merupakan salah satu desa di Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang yang memiliki potensi wisata alam. Di tempat itu, terdapat hutan rakyat yang dikelola desa, dan kondisinya masih alami.
Bahkan, ada air terjun yang oleh masyarakat setempat dinamai Curug Semawur dengan ketinggian sekitar 50 meter dan lebar di atas dua meter. Namun, air terjun di Kali Bajang itu sampai sekarang belum tergarap.
’’Curug Semawur ini tak kalah indahnya dengan air terjun Tawangmangu maupun Curug Sewu di Kendal. Hanya saja, curug di desa kami ini belum diberdayakan,’’ ujar Kades Sukorejo Isa Anshori SPd (29).
Melihat kondisi itu, dia mengambil inisiatif untuk mulai menjadikan Curug Semawur sebagai objek wisata. Sebagai embrio, dia mengerahkan warganya melakukan kerja bakti membuat jalan dari jalan raya berasapal masuk ke dalam lokasi. Dari semula jalan setapak kini dilebarkan menjadi dua meter.
’’Ini untuk membantu pengunjung datang ke lokasi. Karena setiap hari Minggu atau libur, banyak didatangi pelajar,’’ tandas alumnus IKIP PGRI Semarang Jurusan Bahasa Indonesia itu.
Masih Alami
Salah satu, dukungan pengembangan sebagai objek wisata, karena kondisinya masih alami. Selain itu didukung banyaknya pohon buah-buahan di sekitar lokasi, seperti durian, sirsat, nangka, rambutan, dan duku.
Karena itu, pihaknya secara bertahap akan memberdayakan Curug Semawur menjadi daerah tujuan wisata. Sehingga warga Batang, yang ingin rekreasi melihat pemandangan air terjun cukup datang ke Sukorejo.
’’Bahkan Batang kan belum memiliki Bumi Perkemahan. Saya kira kalau di Sukorejo dipilih sangat tepat. Karena jarak dengan Limpung juga dekat, hanya sekitar 15 menit, sehingga mudah dijangkau. Di sinipun pengunjung bisa melihat cara pembuatan emping mlinjo maupun membeli untuk oleh-oleh
Demikianlah sedikit Pembahasan tentang Wisata Alam | Curug Semawur Kab Batang Jawa Tengah Indonesia Indahnya kekayaan alam di Kotaku

Post a Comment

 
Top